Pengertian CSCW
Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW)
pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah
workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi
untuk memudahkan pekerjaan mereka. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware,
namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari
sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan
teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik
secara psikologi maupun sosial. CSCW adalah sebuah istilah generik, yang
menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan
teknologi pendukung berupa jaringan
komputer, Perangkat keras, Perangkat
lunak terkait, layanan, dan teknik.
CSCW Matrix
Salah satu bentuk umum konseptualisasi sistem
CSCW adalah dengan mengamati konteks dari penggunaan sistem tersebut. Contohnya
adalah matriks CSCW, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen. Matriks dimaksud membagi konteks sebuah
"work" ke dalam dua dimensi yakni waktu dan lokasi. Dimensi waktu
dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada waktu yang bersamaan (sinkron),
atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi dibagi menjadi kolaborasi yang
dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat yang terdistribusi.
Defenisi Groupware
Collaborative
software (juga disebut sebagai groupware) adalah perangkat lunak
komputer yang dirancang untuk membantu orang yang terlibat dalam suatu tugas
bersama agar mencapai tujuannya. Salah satu definisi paling awal tentang
"collaborative sofware" adalah definsi yang diberikan oleh Peter dan
Trudy Johnson-Lenz sebagai, "proses-proses kelompok secara sengaja
ditambah perangkat lunak untuk mendukungnya.
Menurut
Carstensen dan Schmidt (1999) groupware merupakan bagian dari CSCW. Para
peneliti menilai bahwa CSCW dan groupware membahas tentang
"bagaimana aktivitas-aktivitas yang saling berkolaborasi dan koordinasi
antar akvitivas tersebut dapat didukung dengan menggunaan sistem
komputer". Produk perangkat lunak seperti surel, kalender, percakapan
teks, wiki dan kegiatan bookmarking masuk dalam kategori ini, ketika
digunakan untuk kerja kelompok, sementara itu istilah yang lebih umum berlaku
untuk sistem yang digunakan di luar tempat kerja, contohnya, layanan kencan
online dan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Friendster. Diusulkan
bahwa hukum Metcalfe - semakin banyak orang yang menggunakan sesuatu, semakin
berharga barang tersebut - berlaku untuk perangkat lunak jenis ini.
Pada
tahun 1978 Peter dan Trudy Johnson-Lenz menemukan istilah groupware; di
awal 1978 definisi groupware adalah, "proses-proses group yang
disengaja ditambah perangkat lunak yang mendukungnya." Kemudian di dalam
artikel yang mereka tulis, Peter dan Trudy kemudian menjelaskan groupware sebagai
budaya yang dimediasikan dengan "komputer"... perwujudan dari
organisasi sosial pada hyperspace. "Groupware mengintegrasikan
sistem manusia yang membantu pengembangan dan sistem alat bantu, tapi dalam
satu bentuk yang sederhana.
berdasarkan matriksnya groupware terbagi dalam 4 bagian yaitu :
1. Group ware tempat yang sama(colocated) dan waktu
yang sama (synchronous)
2. Group ware tempat yang sama(colocated) dan waktu
yang berbeda (asynchronous)
3. Group ware tempat yang beda(remote) dan waktu
yang sama(synchronous)
4. Group ware tempat yang beda (remote) dan waktu yang beda (asynchronous)
Contoh group ware tempat yang sama(colocated)
dan waktu yang sama (synchronous)
1. Meja
diskusi
Pada
keadaan ini para
pembicara dapat langsung bertatap muka dengan pembicara yang lain
sehingga komunikasi yang dilakukan tidak membutuhkan aplikasi tambahan.
2. Ruang
meeting
3. Shared
work surfaces
Shared
work surfaces merupakan suatu sistem yang menggunakan efek whiteboard, yakni
suatu sistem yang mengatur para peserta menulis dengan tangan secara
langsung ke layar besar.
4. Pc
projectors
Berguna untuk
menampilkan materi yang ingin di bahas. Contohnya seorang dosen menampilkan presentasi
yang akan di bahas bersama mahasiswanya.
5. System
pendukung keputusan kelompok (group decision support system)
Keadaan ini memungkinkan untuk bertemunya satu kelompok dalam mengambil suatu keputusan secara bersama dan tatap muka, maupun menggunakan alat komunikasi tetapi masih di tempat dan waktu yang sama.
Keadaan ini memungkinkan untuk bertemunya satu kelompok dalam mengambil suatu keputusan secara bersama dan tatap muka, maupun menggunakan alat komunikasi tetapi masih di tempat dan waktu yang sama.
6. Mobile
Photo sharing Application
Atau dapat disebut
dengan Mobiphos
Aplikasi ini dirancang untuk dapat digunakan kamera digital
yang mendukung untuk merbagi gambar secara otomatis di anatara anggota kelompok
yang terlibat dalam kegiatan social. Ketika seseorang mengambil foto, maka
orang lain dalam kelompoknya dapat melihat foto yang diambil oleh orang
pertama, mereka mampu melihat aliran terus-menerus memperbarui thumbnail gambar
bergulir di layar mereka saat sedang
memfoto dan berbagi dengan sesama anggota kelompoknya.
7.
Shared
Editors
Editor ini
dapat berbentuk text maupun grafik yang bekerja sama.
8. Shared
diaries
9. Shared
pcs & windows
Sistem ini difokuskan pada pekerjaan yang dilakukan secara
bersama-sama. Ide sistem ini adalah membuat beberapa komputer seolah-olah
menjadi satu kesatuan. Apapun yang ditulis akan terlihat pada setiap terminal.
Hal ini mirip pada meeting room tetapi tidak terdapat layer besar. Sistem ini
mempunyai dua kegunaan yaitu dokumen yang sedang dalam proses dan untuk
technical support.
10. Argumentation
tools
Komunikasi ini berbentuk dua arah dan melihat
kontribusi masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengkomunikasikan alasan
pengambilan keputusan di antara perancang.
Contoh group ware tempat yang sama(colocated) dan waktu yang berbeda (asynchronous)
1. Post-It Notes
Salah
satu cara komunikasi yang sangat baik untuk orang kantoran atau mahasiswa dalam
meninggalkan pesan. Misalnya si A meniggalkan pesan untuk B dan meletakkannya
di meja si B, keesokan harinya si B melihat pesan dari si A. ini adalah salah
satu komunikasi dalam group ware yang dimana tempat yang sama dalam
meningglakan pesan tetapi waktu yang berbeda dalam membaca pesan itu sendiri.
2. Shared File
3. Shift work
4. Team Rooms
2. Shared File
3. Shift work
4. Team Rooms
Adalah
tempat yang dapat digunakan untuk melakukan suatu pertemuan dalam membahas
suatu masalah. Aplikasi team rooms dapat kita lihat seperti yang disediakan https://leeds-trs.colorado.edu/, mereka menyediakan kemudahan
dalam memesan ruang untuk melakukan pertemuan.
5. Shift Cashier
6. Penjadwalanp royek (Project Scheduling)
Penjadwalan
proyek yaitu, di tempat yang sama kita dapat melakukan suatu penjadwalan
walaupun tidak dilihat oleh anggota yang lain dengan cara meninggalkan suatu
pesan seperti bookmark, share calendars,
contcts dan yang lain. Pada waktu yang berbeda anggota lain dapat melihat pesan
yang telah ditinggalkan tadi. Seperti aplikasi yang disediakan oleh Horde
Groupware yang dapat anda lihat di sini http://www.horde.org/apps/groupware
7. Alat bantu koordinasi
8. Group Displays
9. Shift Work Groupware
10. Project Management
Contoh group ware tempat yang beda(remote) dan
waktu yang sama(synchronous)
1. Telepon
Dengan
telepon kita dapat melakukan suatu perbincangan dengan orang lain dari tempat
yang sanagat jauh tetapi dalam waktu yang bersamaan. Telepon saat ini sudah
menjadi kebutuhan pokok bagi para pebisnis untuk melakukan transaksi,
konfirmasi suatu berita, meminta suatu pendapat dan yang lainnya.
2. SMS
Sama
halnya dengan telepon, hanya saja sms ini berupa teks yang kita kirim ke no
yang ingin dituju. Dengan adanya sms, kita dimudahkan dalam mengirim pesan
tanpa harus mengganggu orang untuk mengangkat telepon disaat orang itu sibuk.
3. Video konverensi (Video Conference)
Bukan hal yang mengejutkan lagi apabila kita
melihat orang dapat berkomunikasi jarak jauh dengan saling bertatap muka.
Inilah kehebatan dari teknologi saat ini. Video konverensi saat ini banyak
digunakan orang untuk melakukan suatu bisnis, disaat para pebisnis tidak dapat
bertemu di satu tempat, sehingga mereka menggunakan video converence ini. Dan
video conference ini dapat di lakukan oleh lebih dari dua orang Aplikasi yang
dapat digunakan yaitu Skype, Nimbuzz dan masih banyak aplikasi yang lain.
4. Panggilan Konferensi (Conference calls)
Panggilan
konverensi atau sering disebut conference calls ini, sama halnya dengan video
konverensi. Tetapi yang membedakannya adalah panggilan konverensi menggunakan
telepon dengan sambungan orang yang banyak di tempat yang berbeda. Hampir
banyak penyedia layanan telepon selular menyediakan kemampuan ini, selain harga
yang terjangkau juga memberikan kemudahan untuk orang berkomunikasi dengan
orang lain di tempat yang bebeda.
5. Data Sharing
Yaitu
beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan
sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang
terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser
printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses
file yang terdapat di komputer A.
Sharing
resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya
dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa
terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
6. Team Room
Adalah
tempat yang dapat digunakan untuk melakukan suatu pertemuan dalam membahas
suatu masalah. Aplikasi team rooms dapat kita lihat seperti yang disediakan https://leeds-trs.colorado.edu/, mereka menyediakan kemudahan
dalam memesan ruang untuk melakukan pertemuan.
7. Document Management System
Document Management System (DMS) adalah sistem yang
digunakan untuk mengelola dokumen di setiap life cycle dokumen tersebut. DMS
menghandle dokumen secara elektronik, mulai dari dokumen tersebut masih dalam
bentuk draft, direview, dipublish, disimpan, lalu pada akhirnya
dibuang/dihancurkan.
Kelebihan dari DMS yaitu
- Cost efficiency - dengan menggunakan Document Management System, perusahaan bisa mengurangi cost untuk pembelian kertas
- Robust Security - dokumen elektronik perusahaan bisa disimpan dalam tempat yang tersentralisasi, mengurangi kemungkinan tercecernya dokumen
- Produktivitas yang meningkat - peningkatan produktivitas bisa terjadi di sisi pencarian dokumen dan broadcast dokumen
Alfresco merupakan
aplikasi Document Management System. Alfresco berlisensi open source, dan telah
masuk ke dalam Gartner Magic Quadrant untuk kategori Enterprise Content
Management, dan telah diimplementasikan di lebih dari 5000 organisasi.
8. Meeting management
Yaitu
seperti pertemuan banyak orang dengan tujuan untuk membicarakan suatu hal dan
di dalamnya setiap orang boleh memberikan pendapatnya masing-masing sehingga
suasana dalam ruangan lebih terasa hidup.
9. Manajemen Proyek
10. Interactive Network Games
Atau sering disebut dengan game online. Dengan
game ini selain kita bermain tetapi kita dapat berkomunikasi dengan pemain yang
lain, mulai dari mengobrol dengan pemain hingga bertukar barang yang ada dalam
permainan. Contoh game online yang sering digunakan yaitu Cs online, Dota,
point blank, ragnarok 2 dan yang lainnya.
Contoh group ware tempat yang beda (remote) dan waktu yang beda (asynchronous)
1. E-mail
E-mail atau
Electronic mail, di artikan menjadi surat elektronik. E-mail bukanlah hal yang
baru dikalangan masyarakat saat ini, karena dimana-mana orang sudah dapat
menggunakan e-mail. Sama halnya dengan sms, e-mail mengirim pesan secara online
dengan menggunakan jasa wabsite seperti yahoo mail, gmail dan yang lain. E-mail
juga memudahkan orang untuk mengirim suatu lampiran, gambar dll dalam jarang
yang sanagat jauh misalnya satu berada di jepang dan yang lain berada di
Indonesia. Dan apabila e-mail telah sampai hari itu juga kita dapat melihatnya
langsung atau bisa juga melihatnya lain hari tanpa takut terhapus.
2. Instant Messenger
Pengirim
pesan instan atau pengolahpesan cepat (biasanya disebut
dengan IM atau Instant Messenger) merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi
pengiriman pesan singkat (instant messaging), suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua
orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks
dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, misalnya Internet.
Setelah penggunaan surel (email) yang mengubah
cara orang berkomunikasi dari cara konvensional untuk mengirimkan surat,
teknologi pengiriman pesan singkat (instant messaging) diciptakan untuk
menutupi kelemahan surel yang kadang-kadang kurang cepat dan tidak waktu
nyata (real-time).
Beberapa contoh aplikasi instant messanger yang paling
terkenal yaitu, AIM (Aol Instant Messenger), windows live messenger, skype,
meebo, camfrog dan yang lain.
3. Voice Mail
Voice Mail atau Kotak Surat Suara merupakan sebuah cellular feature dengan melakukan perekaman terhadap suatu pesan yang dikirimkan dari seorang pengguna cellular kepada pengguna cellular lainnya dimana keadaan pengguna cellular yang dihubungi dalam keadaan sibuk,tidak aktif,berada di luar jangkauan wilayah operator cellular ataupun karena panggilan tidak terjawab.Kapasitas Voice Mail tidak sama untuk setiap operator karena didasarkan pada lamanya dan jumlah pesan serta lamanya penyimpanan.Cellular feature berbentuk Voice Mail pengoperasiannya seperti mesin penjawab telepon,tetapi perekaman suara kita dan pesan dari penelpon tidak tersimapan pada cellular kita melainkan disimpan dalam mesin operator yang bernama Voice Mail Box.
4. Bulletin Board
Bulletin Board System (BBS) adalah suatu sistem komputer yang mengaktifkan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna-pengguna untuk memutar nomor ke sistem melalui saluran telepon dan menggunakan terminal progam untuk melakukan fungsi-fungsi seperti men-download perangkat lunak dan data, meng-uplaod data, memainkan game, membaca berita-berita dan saling bertukar pesan dengan pengguna-pengguna lainnya.
5. Online Forums
Online
forums atau komunitas maya merupakan satu lagi kecanggihan dari perkembangan
teknologi saat ini, yaitu satu tempat berkumpulnya orang atau satu komunitas
dalam membahas suatu masalah yang sedang hangat atau dapat juga sharing ilmu
pengetahuan. Online forums yang saat ini sedang banyak digunakan oleh
masyarakat Indonesia adalah kaskus, dimana kaskus adalah forum online yang dibuat
atau didirikan oleh tangan cerdas anak Indonesia.
6. Blogs
Blog
merupakan salah satu tempat untuk menyebarkan informasi yang efektif saat ini.
Mulai dari tutorial hingga penjualan barang-barang. Dengan adanya blogs ini,
orang-orang dimudahkan dalam membagikan informasi tanpa harus repot dalam
membuat suatu website dimana kita harus membuatnya dari nol hingga kita
memposting website tersebut.
7. Wiki Pages
Wiki merupakan kumpulan halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Konsep dan peranti lunak wiki diciptakan oleh Ward Cunningham. Anda boleh mengubah semua halaman yang ada di situs web ini, bahkan halaman yang sedang Anda baca sekarang (dengan cara mengeklik "sunting" di bagian atas halaman ini).
8. News Group
Newsgroup adalah
kelompok diskusi maya di internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet,
jaringan kelompok diskusi warta.Usenet menggunakan protokol NNTP (Network News Transfer
Protocol). Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara
hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek.
9. Situs
jejaring social (Social networking sites)
Adalah situs yang sering dikunjungi orang dengan
tujuan yang berbeda-beda, mulai dari sharing ilmu atau info, berbagi foto,
upload video hingga mencurahkan suatu perasaan di dalam hati. Situs yang sering
digunakan orang adalah Facebook, twitter,linkedin, google plus+, pinterest,
tumblr, intagram dan masih banyak lagi.
10. Shared
calenders
Aplikasi lain yang disediakan untuk orang dalam memudahkan berbagi jadwal ke orang lain, dengan cara menambahkan jadwalnya di kalender pribadinya secara online. Sehingga orang lain dapat melihat jadwalnya pada tanggal berapa saja dan memudahkan orang lain juga untuk mengatur jadwal dengan orang lain tanpa khawatir adanya tabrakan jadwal. Aplikasi seperti ini dapat kita lihat di akun google kita.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar