Jumat, 24 Januari 2014

Interaksi Manusia Komputer (Groupware)

Pengertian CSCW
   Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial. CSCW adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat kerasPerangkat lunak terkait, layanan, dan teknik.

CSCW Matrix
  
    Salah satu bentuk umum konseptualisasi sistem CSCW adalah dengan mengamati konteks dari penggunaan sistem tersebut. Contohnya adalah matriks CSCW, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen. Matriks dimaksud membagi konteks sebuah "work" ke dalam dua dimensi yakni waktu dan lokasi. Dimensi waktu dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada waktu yang bersamaan (sinkron), atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat yang terdistribusi.

Defenisi Groupware
   Collaborative software (juga disebut sebagai groupware) adalah perangkat lunak komputer yang dirancang untuk membantu orang yang terlibat dalam suatu tugas bersama agar mencapai tujuannya. Salah satu definisi paling awal tentang "collaborative sofware" adalah definsi yang diberikan oleh Peter dan Trudy Johnson-Lenz sebagai, "proses-proses kelompok secara sengaja ditambah perangkat lunak untuk mendukungnya.

   Menurut Carstensen dan Schmidt (1999) groupware merupakan bagian dari CSCW. Para peneliti menilai bahwa CSCW dan groupware membahas tentang "bagaimana aktivitas-aktivitas yang saling berkolaborasi dan koordinasi antar akvitivas tersebut dapat didukung dengan menggunaan sistem komputer". Produk perangkat lunak seperti surel, kalender, percakapan teks, wiki dan kegiatan bookmarking masuk dalam kategori ini, ketika digunakan untuk kerja kelompok, sementara itu istilah yang lebih umum berlaku untuk sistem yang digunakan di luar tempat kerja, contohnya, layanan kencan online dan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Friendster. Diusulkan bahwa hukum Metcalfe - semakin banyak orang yang menggunakan sesuatu, semakin berharga barang tersebut - berlaku untuk perangkat lunak jenis ini.

   Pada tahun 1978 Peter dan Trudy Johnson-Lenz menemukan istilah groupware; di awal 1978 definisi groupware adalah, "proses-proses group yang disengaja ditambah perangkat lunak yang mendukungnya." Kemudian di dalam artikel yang mereka tulis, Peter dan Trudy kemudian menjelaskan groupware sebagai budaya yang dimediasikan dengan "komputer"... perwujudan dari organisasi sosial pada hyperspace. "Groupware mengintegrasikan sistem manusia yang membantu pengembangan dan sistem alat bantu, tapi dalam satu bentuk yang sederhana.

berdasarkan matriksnya groupware terbagi dalam 4 bagian yaitu :
1. Group ware tempat yang sama(colocated) dan waktu yang sama (synchronous)
2. Group ware tempat yang sama(colocated) dan waktu yang berbeda (asynchronous)
3. Group ware tempat yang beda(remote) dan waktu yang sama(synchronous)
4. Group ware tempat yang beda (remote)  dan waktu yang beda (asynchronous) 
  
    Contoh group ware tempat yang sama(colocated) dan waktu yang sama (synchronous)  

      1. Meja diskusi

      Pada keadaan ini para pembicara dapat langsung bertatap muka dengan pembicara yang lain sehingga komunikasi yang dilakukan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. 

      2. Ruang meeting

Adalah Suatu ruang pertemuan yang dirancang menggunakan peralatan komputer untuk  pertemuan tatap mata.hampir sama dengan meja diskusi Rancangan ruang ini dapat berbentuk U atau C yang diatur mengelilingi layar monitor dan masing-masing peserta mempunyai masing-masing monitor.

3. Shared work surfaces 


Shared work surfaces merupakan suatu sistem yang menggunakan efek whiteboard, yakni suatu sistem yang mengatur para peserta menulis dengan  tangan secara langsung ke layar besar.


4. Pc projectors 
Berguna untuk menampilkan materi yang ingin di bahas. Contohnya seorang dosen menampilkan presentasi yang akan di bahas bersama mahasiswanya.

5. System pendukung keputusan kelompok (group decision support system)  

Keadaan ini memungkinkan untuk bertemunya satu kelompok dalam mengambil suatu keputusan secara bersama dan tatap muka, maupun menggunakan alat komunikasi tetapi masih di tempat dan waktu yang sama. 
6. Mobile Photo sharing Application Atau dapat disebut dengan Mobiphos


Aplikasi ini dirancang untuk dapat digunakan kamera digital yang mendukung untuk merbagi gambar secara otomatis di anatara anggota kelompok yang terlibat dalam kegiatan social. Ketika seseorang mengambil foto, maka orang lain dalam kelompoknya dapat melihat foto yang diambil oleh orang pertama, mereka mampu melihat aliran terus-menerus memperbarui thumbnail gambar bergulir di layar  mereka saat sedang memfoto dan berbagi dengan sesama anggota kelompoknya.  

7.  Shared Editors
 
Editor ini dapat berbentuk text maupun grafik yang bekerja sama.



         8. Shared diaries
 
Ide dari sistem ini adalah sederhana yakni setiap orang menggunakan shared electronic diary, hal ini berlaku sama jika menggunakan personal komputer dan pocket organizers. Jika ada seseorang ingin membuat pengaturan pertemuan maka sistem akan mencari diaries semua orang untuk menemukan waktu yang kosong.

9. Shared pcs & windows
 
Sistem ini difokuskan pada pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama. Ide sistem ini adalah membuat beberapa komputer seolah-olah menjadi satu kesatuan. Apapun yang ditulis akan terlihat pada setiap terminal. Hal ini mirip pada meeting room tetapi tidak terdapat layer besar. Sistem ini mempunyai dua kegunaan yaitu dokumen yang sedang dalam proses dan untuk technical support.

      10. Argumentation tools

Komunikasi ini berbentuk dua arah dan melihat kontribusi masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengkomunikasikan alasan pengambilan keputusan di antara perancang.

Contoh group ware tempat yang sama(colocated) dan waktu yang berbeda (asynchronous)


1. Post-It Notes


Salah satu cara komunikasi yang sangat baik untuk orang kantoran atau mahasiswa dalam meninggalkan pesan. Misalnya si A meniggalkan pesan untuk B dan meletakkannya di meja si B, keesokan harinya si B melihat pesan dari si A. ini adalah salah satu komunikasi dalam group ware yang dimana tempat yang sama dalam meningglakan pesan tetapi waktu yang berbeda dalam membaca pesan itu sendiri.

2. Shared File

3. Shift work

4. Team Rooms




Adalah tempat yang dapat digunakan untuk melakukan suatu pertemuan dalam membahas suatu masalah. Aplikasi team rooms dapat kita lihat seperti yang disediakan https://leeds-trs.colorado.edu/, mereka menyediakan kemudahan dalam memesan ruang untuk melakukan pertemuan.

5. Shift Cashier

6. Penjadwalanp royek (Project Scheduling)
Penjadwalan proyek yaitu, di tempat yang sama kita dapat melakukan suatu penjadwalan walaupun tidak dilihat oleh anggota yang lain dengan cara meninggalkan suatu pesan seperti bookmark,  share calendars, contcts dan yang lain. Pada waktu yang berbeda anggota lain dapat melihat pesan yang telah ditinggalkan tadi. Seperti aplikasi yang disediakan oleh Horde Groupware yang dapat anda lihat di sini http://www.horde.org/apps/groupware

7. Alat bantu koordinasi

8. Group Displays

9. Shift Work Groupware

10. Project Management


Contoh group ware tempat yang beda(remote) dan waktu yang sama(synchronous)

1. Telepon


Dengan telepon kita dapat melakukan suatu perbincangan dengan orang lain dari tempat yang sanagat jauh tetapi dalam waktu yang bersamaan. Telepon saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para pebisnis untuk melakukan transaksi, konfirmasi suatu berita, meminta suatu pendapat dan yang lainnya.
 
2. SMS

Sama halnya dengan telepon, hanya saja sms ini berupa teks yang kita kirim ke no yang ingin dituju. Dengan adanya sms, kita dimudahkan dalam mengirim pesan tanpa harus mengganggu orang untuk mengangkat telepon disaat orang itu sibuk.
 
3. Video konverensi (Video Conference)

Bukan hal yang mengejutkan lagi apabila kita melihat orang dapat berkomunikasi jarak jauh dengan saling bertatap muka. Inilah kehebatan dari teknologi saat ini. Video konverensi saat ini banyak digunakan orang untuk melakukan suatu bisnis, disaat para pebisnis tidak dapat bertemu di satu tempat, sehingga mereka menggunakan video converence ini. Dan video conference ini dapat di lakukan oleh lebih dari dua orang Aplikasi yang dapat digunakan yaitu Skype, Nimbuzz dan masih banyak aplikasi yang lain.

4. Panggilan Konferensi (Conference calls) 

Panggilan konverensi atau sering disebut conference calls ini, sama halnya dengan video konverensi. Tetapi yang membedakannya adalah panggilan konverensi menggunakan telepon dengan sambungan orang yang banyak di tempat yang berbeda. Hampir banyak penyedia layanan telepon selular menyediakan kemampuan ini, selain harga yang terjangkau juga memberikan kemudahan untuk orang berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang bebeda.
  
5. Data Sharing

Yaitu beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di komputer A.

Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
 
6. Team Room

Adalah tempat yang dapat digunakan untuk melakukan suatu pertemuan dalam membahas suatu masalah. Aplikasi team rooms dapat kita lihat seperti yang disediakan https://leeds-trs.colorado.edu/, mereka menyediakan kemudahan dalam memesan ruang untuk melakukan pertemuan.
 
7. Document Management System


Document Management System (DMS) adalah sistem yang digunakan untuk mengelola dokumen di setiap life cycle dokumen tersebut. DMS menghandle dokumen secara elektronik, mulai dari dokumen tersebut masih dalam bentuk draft, direview, dipublish, disimpan, lalu pada akhirnya dibuang/dihancurkan.
 
Kelebihan dari DMS yaitu

  •  Cost efficiency - dengan menggunakan Document Management System, perusahaan bisa mengurangi cost untuk pembelian kertas
  • Robust Security - dokumen elektronik perusahaan bisa disimpan dalam tempat yang tersentralisasi, mengurangi kemungkinan tercecernya dokumen
  • Produktivitas yang meningkat - peningkatan produktivitas bisa terjadi di sisi pencarian dokumen dan broadcast dokumen
Alfresco merupakan aplikasi Document Management System. Alfresco berlisensi open source, dan telah masuk ke dalam Gartner Magic Quadrant untuk kategori Enterprise Content Management, dan telah diimplementasikan di lebih dari 5000 organisasi.


8. Meeting management 

Yaitu seperti pertemuan banyak orang dengan tujuan untuk membicarakan suatu hal dan di dalamnya setiap orang boleh memberikan pendapatnya masing-masing sehingga suasana dalam ruangan lebih terasa hidup.
 
9. Manajemen Proyek

10. Interactive Network Games 

Atau sering disebut dengan game online. Dengan game ini selain kita bermain tetapi kita dapat berkomunikasi dengan pemain yang lain, mulai dari mengobrol dengan pemain hingga bertukar barang yang ada dalam permainan. Contoh game online yang sering digunakan yaitu Cs online, Dota, point blank, ragnarok 2 dan yang lainnya. 
 

Contoh group ware tempat yang beda (remote)  dan waktu yang beda (asynchronous)

1. E-mail
 
E-mail atau Electronic mail, di artikan menjadi surat elektronik. E-mail bukanlah hal yang baru dikalangan masyarakat saat ini, karena dimana-mana orang sudah dapat menggunakan e-mail. Sama halnya dengan sms, e-mail mengirim pesan secara online dengan menggunakan jasa wabsite seperti yahoo mail, gmail dan yang lain. E-mail juga memudahkan orang untuk mengirim suatu lampiran, gambar dll dalam jarang yang sanagat jauh misalnya satu berada di jepang dan yang lain berada di Indonesia. Dan apabila e-mail telah sampai hari itu juga kita dapat melihatnya langsung atau bisa juga melihatnya lain hari tanpa takut terhapus.
2. Instant Messenger


Pengirim pesan instan atau pengolahpesan cepat (biasanya disebut dengan IM atau Instant Messenger) merupakan perangkat lunak yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat (instant messaging), suatu bentuk komunikasi secara langsung antara dua orang atau lebih menggunakan teks yang diketik. Teks dikirim melalui komputer yang terhubung melalui sebuah jaringan, misalnya Internet. Setelah penggunaan surel (email) yang mengubah cara orang berkomunikasi dari cara konvensional untuk mengirimkan surat, teknologi pengiriman pesan singkat (instant messaging) diciptakan untuk menutupi kelemahan surel yang kadang-kadang kurang cepat dan tidak waktu nyata (real-time).
Beberapa contoh aplikasi instant messanger yang paling terkenal yaitu, AIM (Aol Instant Messenger), windows live messenger, skype, meebo, camfrog dan yang lain.

3. Voice Mail

Voice Mail atau Kotak Surat Suara merupakan sebuah cellular feature dengan melakukan perekaman terhadap suatu pesan yang dikirimkan dari seorang pengguna cellular kepada pengguna cellular lainnya dimana keadaan pengguna cellular yang dihubungi dalam keadaan sibuk,tidak aktif,berada di luar jangkauan wilayah operator cellular ataupun karena panggilan tidak terjawab.Kapasitas Voice Mail tidak sama untuk setiap operator karena didasarkan pada lamanya dan jumlah pesan serta lamanya penyimpanan.Cellular feature berbentuk Voice Mail pengoperasiannya seperti mesin penjawab telepon,tetapi perekaman suara kita dan pesan dari penelpon tidak tersimapan pada cellular kita melainkan disimpan dalam mesin operator yang bernama Voice Mail Box.
4. Bulletin Board

Bulletin Board System (BBS) adalah suatu sistem komputer yang mengaktifkan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna-pengguna untuk memutar nomor ke sistem melalui saluran telepon dan menggunakan terminal progam untuk melakukan fungsi-fungsi seperti men-download perangkat lunak dan data, meng-uplaod data, memainkan game, membaca berita-berita dan saling bertukar pesan dengan pengguna-pengguna lainnya.
5. Online Forums


Online forums atau komunitas maya merupakan satu lagi kecanggihan dari perkembangan teknologi saat ini, yaitu satu tempat berkumpulnya orang atau satu komunitas dalam membahas suatu masalah yang sedang hangat atau dapat juga sharing ilmu pengetahuan. Online forums yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah kaskus, dimana kaskus adalah forum online yang dibuat atau didirikan oleh tangan cerdas anak Indonesia.

6. Blogs


Blog merupakan salah satu tempat untuk menyebarkan informasi yang efektif saat ini. Mulai dari tutorial hingga penjualan barang-barang. Dengan adanya blogs ini, orang-orang dimudahkan dalam membagikan informasi tanpa harus repot dalam membuat suatu website dimana kita harus membuatnya dari nol hingga kita memposting website tersebut.

7. Wiki Pages

Wiki merupakan kumpulan halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Konsep dan peranti lunak wiki diciptakan oleh Ward Cunningham. Anda boleh mengubah semua halaman yang ada di situs web ini, bahkan halaman yang sedang Anda baca sekarang (dengan cara mengeklik "sunting" di bagian atas halaman ini).
8. News Group


Newsgroup adalah kelompok diskusi maya di internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi warta.Usenet menggunakan protokol NNTP (Network News Transfer Protocol). Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek.

9. Situs jejaring social (Social networking sites) 
Adalah situs yang sering dikunjungi orang dengan tujuan yang berbeda-beda, mulai dari sharing ilmu atau info, berbagi foto, upload video hingga mencurahkan suatu perasaan di dalam hati. Situs yang sering digunakan orang adalah Facebook, twitter,linkedin, google plus+, pinterest, tumblr, intagram dan masih banyak lagi. 
 
10. Shared calenders
 

Aplikasi lain yang disediakan untuk orang dalam memudahkan berbagi jadwal ke orang lain, dengan cara menambahkan jadwalnya di kalender pribadinya secara online. Sehingga orang lain dapat melihat jadwalnya pada tanggal berapa saja dan memudahkan orang lain juga untuk mengatur jadwal dengan orang lain tanpa khawatir adanya tabrakan jadwal. Aplikasi seperti ini dapat kita lihat di akun google kita.






Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar